LDII Sesat? Sesatnya Saja Seperti LDII, Lantas Yang Tidak Sesat Seperti APA?

LDII Sesat?

Fatwa LDII Sesat Menurut MUI

Masih dalam materi bahasan LDII Sesat, di tulisan sebelumnya sudah dibahas materi-materi seputar LDII, membahas  kesesatan dan pelanggaran LDII dalam Aqidah Islam, sayangnya tidak ada bukti yang valid untuk pembuktianya. Dan kali ini masih dalam topik LDII Sesat dan Fatwa LDII Sesat Menurut MUI.

Sedikit banyaknya tulisan ini akan memperbaiki hubungan baik antara sesama umat islam (ukhwah islamiyah). Mengajak para pembaca sekalian untuk bisa berfikir jernih, logis dan netral.

Kembali ke materi bahasan LDII Sesat, banyak sekali tulisan-tulisan baik yang berasal dari blog ataupun media informasi resmi. yang baik secara langsung ataupun tidak langsung memberikan penghakiman bahwa LDII Sesat, LDII adalah aliran islam yang sesat dan menyesatkan. Sangat di sayangkan memang, karena tulisan tersebut hanya akan memunculkan konflik di dalam tubuh umat muslim khususnya dan ditengah-tengah masyarakat Indonesia pada umumnya. Lebih banyak mudharat daripada manfaat, mari kita sadari bersama, dan belajar dari sejarah tidak boleh ada lagi perselisihan atau konflik yang di sebabkan oleh perbedaan pemahaman. Saling menghargai dan menghormati akan lebih indah! tampak terlihat dari luar muslim.

Fatwa LDII Menurut MUI

Tidak ada fatwa sesat untuk LDII dari MUI! LDII bukanlah Aliran Islam, LDII bukanlah Agama! LDII hanyalah ormas yang di bentuk untuk membina dan mencerdaskan masyarakat muslim di Indonesia khususnya. Faktanya LDII sudah sampai di berbagai belahan dunia!

LDII Tidak Sesat

LDII tidak sesat! karena LDII bukanlah sebuah aliran keagamaan, LDII adalah lembaga keagamaan yang visi dan misinya jelas, masing-masing individu dalam kepengurusan LDII punya visi dan misi yang seragam dalam menjalankan program-program LDII. Tidak mengejar materi! tidak bertujuan untuk mencari keuntungan! semuanya ikhlas mencari Ridho ALLAH SWT. Sepintas memang terdengar sangat terlalu NAIF! tapi itulah yang bisa kita temukan dalam tubuh kepengurusan LDII. Tidak ada gaji, tidak ada honor! yang ada malah para pengurus sendiri merogoh kantongnya untuk ikut mensukseskan program dari LDII. Hari Gini…??? tapi itulah faktanya, silakan anda di tantang untuk mementahkannya.

Tidak ada Fatwa LDII Sesat Dari MUI

Definisi sesat itu apa sih? di website resminya MUI sudah dibahas, point-point yang menyebabkan islam seseorang/golongan di vonis SESAT. Dan fakta yang bisa ditemukan tidak ada 1 poin pun kesesatan yang ditemukan di LDII.

Fakta Sesat dan Kebohongan LDII Kepada Masyarakat

Beginilah potret dari Masyarakat kita,  sangat di sayangkan memang tapi itulah faktanya, ketika ada salah satu individu yang berbuat khilaf maka teman-temanya atau teman dalam golongan individu tersebut di generalisir di tuduh melakukan hal yang sama. Makanya visi dan misi LDII tidak pernah berubah, berdakwah kepada semua lapisan maysarakat, mencerdaskan masyarakat dalam beribadah! meninggalkan ajaran-ajaran bid’ah, khurofat dan takhayul yang melilit kuat menjadi akar budaya masyarakat kita pada umumnya.

Mari buka hati kita, marilah berlapang dada untuk bisa menerima perbedaan yang ada di antara kita! jangan sampai karena anda suka mobil toyota, terus ada teman atau tetangga anda lebih suka ferary anda malah menuduhnya bodoh, karena ferary harganya mahal, toh keduanya sama-sama mobil yang penting bisa jalan. Ketika seseorang memiliki perbedaan dalam cara pandang dan sisi pemahaman yang berbeda dengan kita, hormatilah! tidak perlu merasa gerah atau risih.

LDII Sesat, Karena Kalau Sholat Tidak Mau di Imamin Oleh Orang Luar LDII

Seperti tulisan saya sebelumnya, hormatilah perbedaan pemikiran dan pemahaman dari seseorang. Hal ini tidak lebih dari sekedar selera seseorang dalam memilih sebuah mobil, apa ruginya buat anda? Anda merasa risih karena keusilan anda sendiri! sebenarnya tidak ada kerugian baik materil ataupun non materil dari anda. Kesimpulanya tetaplah untuk menghormati pendapat, pemahaman dan keputusan orang lain selama tidak merugikan anda. Hal di atas lebih ke arah pemahaman masing-masing individu, egois sekali anda kalo anda memaksakan pemahaman orang di sekitar anda harus sama dengan anda!

LDII Sesat, Karena Hanya Mau Sholat Jumat di Mesjid LDII

Kenapa dibilang sesat? statement yang lucu dan terlihat egois plus usil, terlalu mencampuri urusan orang lain. Alhamdulillah saya sekeluarga diberikan rahmat oleh ALLAH SWT untuk bisa mengaji di LDII. Dan tidak ada kerancuan ataupun keanehan dalam tata cara beribadah yang di ajarkan oleh LDII.

Satu-satunya keanehan yang saya temukan adalah ternyata LDII tidak berminat untuk mendirikan partai atau terlibat dalam dunia POLITIK! sementara ormas-ormas lain berlomba-lomba untuk merapat ke parpol, atau bahkan membentuk parpol dengan embel-embel partai ISLAM! yang pada akhirnya mereka malah bikin malu umat ISLAM. LDII masih tetap dalam visi dan misinya, berdakwah, berdakwah dan terus berdakwah!

Silakan cari dan temukan organisasi lain selain LDII yang lebih baik dari LDII!

36 responses

  1. HAHAHAHAHAHAHAHA… pelajari lagi al qur’an dan hadist sbelum ngomong sob.. Yg nmanya islam itu dlm beribadah harus berbaur dengan muslim lain. karena kita semua memiliki derajat yang sama dimata ALLAH SWT..

    1. setuju banget mas bos,.. umat islam itu haru berbaur,.. dan beribadah harus sesuai dengan al qur’an dan al hadits
      memang siapa yang tidak berbaur sob?

  2. saya mau balik tanya, apakah ada di dalam alquran atau hadist yang mengkotak2an umat. yg saya tahu hadist nabi menyebutkan sholat bisa dimana saja kecuali kuburan dan kamar mandi. jadi apa landasan LDII yang hanya mau sholat di masjid LDII saja dan mengangap tempat lain najis. serta apa landasan LDII. langsung membersihkan lantai yang dipakai umat islam yang bukan anggota LDII karena dianggap najis. dari mana ajaran yang hanya menganggap anggota LDII suci dan orang diluar LDII kotor.

    1. emangnya siapa yang mengkotak-kotakan umat, itu kan cuman sebatas persepsi mas tono aja,… jangan suka berasumsi karena bisa repot sendiri nantinya

    2. Apa mas tono pernah melihat sendiri umat LDII mengepel masjidnya setelah dipakai sholat oleh orang di luar LDII. Statement yang konyol.

  3. terus klo mengutamakan ukhuwah, knapa sdh ada masjid mendirikan masjid disampingnya,saya bingung sama ldii

    1. gak usah dibikin bingung toh mas rodi,… memangnya ada yang salah?

    2. bukannya gak mau sama2 gunakan mesjid yang ada, cuman setahu saya acara kegiatan LDII saben hari rame terus oleh peserta majlis taklim.. takutnya malah ganggu acara pengurus masjidnya yg ditempati.. oleh karenanya mereka bangu mesjid sendiri…

  4. saya orang LDII tapi ko dilarang bapak saya untuk nikah dengan orang dari Muhammadiyah..
    kata bapak saya boleh nikah asalkan dia mau masuk LDII, karna kata bapak saya dia itu masih kafir..
    apakah perbedaan tersebut ada dalil yang sokheh sehingga dilarang menikah dalam perbedaan ormas.. terimakasih..

    1. IC, sudah jelas kan,…yang ngelarang-larang bukan LDII toh?
      nah kenapa mbak nggak tanya langsung sama bapak?
      *** bapak pasti punya alasan sendiri, satu hal yang pasti dan tidak bisa terbantahkan adalah orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anak-anaknya

      LDII tidak pernah memberikan doktrin melarang, larangan atau tidak boleh menikahi orang di luar Jamaah LDII, LDII hanyalah memberikan materi pengajian berdasarkan Al Qur’an dan Al Hadits tidak lebih dan tidak kurang.

    2. Mbak Fitry ini perlu mengaji lebih giat lagi.

  5. maap bung, mau nanya
    knp setiap kali ditanya hadist sohih, anda gak pernah nyebut dalil yang sohih ya?
    beri saya satu dalil saja kenapa jika ada orang di luar LDII yang bertamu, setelah bertamu dipel lantainya…
    apa dasarnya?

    1. tujuan anda bertanya untuk apa? sekedar mau tahu aja? atau mau tahu banget?
      untuk pertanyaan nomor dua, siapa yang bilang harus di pel? anda punya bukti nggak?
      balik lagi anda mau tahu aja? atau mau tahu banget?

      diskusinya gak usah ke materi yang berat-berat… yang ringan dan santai aja,.. dan lebih cepat bisa di cerna… saya kasih dalil shohih pun gak guna, karena kalo hati seseorang sudah di penuhi kebencian dan sudah termakan isyu, kebenaran pun tidak akan tampak.

      kalo bener2 serius mau mencari kebenaran yang hakiki, kalo cuman berbalas komen di blog percuma, mendingan ketemuan aja dengan LDII

      1. jujur, bung
        saya gak benci dg LDII, saya juga manusia biasa, banyak salah.

        saya tidak punya bukti, tapi hal itu sudah umum diketahui masyarakat.
        karena itulah saya mau tanya langsung kebenarannya, atas dasar apa tindakan “menegepel lantai” dilakukan.

        bagi saya, jika memang ada penjelasan yang shahih, maka sangat bermanfaat bagi orang awam macam saya.

      2. untuk yth. si orang awam, saya mengepel lantai rumah saya, kalau lantainya sudah kotor, bau dan tidak nyaman lagi. Kalau saya kedatangan tamu yang kakinya kotor sehingga lantai rumah saya menjadi kotor, saya tetap persilahkan tamu tersebut masuk ke rumah saya, setelah tamu saya tersebut pulang, saya langsung pel lantai rumah saya agar bersih kembali sehingga ruangan menjadi bersih dan nyaman. Hal itu saya lakukan karena saya suka kebersihan apalagi ada hadits yang menyatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman, yang membuat saya secara tidak sadar senantiasa bersih – bersih di mana saja berada, ya di rumah, di kantor, di jalan, di masjid, di mall, dsb……

    2. Silahkan anda mengikuti pengajian di LDII, kalau cocok dihati lanjutkan, kalau masih kurang srek di hati ya terserah anda.

  6. saya juga mu menikah dengan org LDII kok kyaknya ditentang oleh org2 ldii… aneh juga. apa ada yg salah dengan keyakinan saya?

    1. kalo emang bermasalah, mendingan gak usah nikah, cari calon lain toh masih banyak

      1. EMANK ORANG LDII sok suci…..!!!
        sama NENEK loe boleh nikah kagak fazal…?

      2. lol,…. pertanyaanya yang berbobot dong…. sebelum bertanya ada bagusnya kaji dulu Al Quran dan Al Haditsnya dan silakan cari point-point atau akidah-akidah Islam, yang dilanggar oleh LDII,… *itupun kalo ada

  7. dari jawaban anda sangat kelihatan sekali…hahahahahaha

  8. Assalamu ‘alaikum wr wb.
    mas faza dan mas ilham kayaknya blm tau kondisi LDII secara keseluruhan..temen saya pernah sholat di masjid LDII keluar lgsg di pel..dan ga hanya 1 2 temen saja..banyak. ada jg yg berbaik hati angkatin jemuran karena hujan tp langsung dicuci lagi.jawaban mas faza jg tidak memuaskan, ditanya balik nanya..hadeuwh. jawab tu pakai ilmu sob. pertanyaan ‘kenapa…’ tu jawabnya ‘karena…’. kalau jawabnya mbulet malah menunjukkan kalau yg orang” bilang itu benar adanya. saya bukan org yg pro maupun kontra pd LDII tapi saya berharap tidak terjadi konflik dlm ormas Islam.

    1. wa alaikum salaam warrahmatullah
      mas dion sendiri mau tanya apa? gimana saya mau kasih jawaban yang memuaskan, mas dion gak ngasih pertanyaan….
      saran saya, kalo nanti mas dion mengalami seperti yang di alami kata temen-temen mas dion, nah mas dion nggak usah sungkan untuk bertanya langsung kepada si pelaku kalo emang bekas mas dion di pel

    1. terima kasih atas informasinya, saya sudah kenyang dengan berita-berita kebohongan yang menyerang LDII, namanya saja web mencatut muslim segala tapi kok isinya malah fitnah, dan kalo dilihat secara keseluruhan konten web eramuslim isinya kebanyakan provokatif semua, nah sekarang mari kita berfikir dengan sedikit cerdas, apakah seperti itu kelakuan orang yang beriman yang notabene nya orang-orang calon Ahli surga,…. menyebarkan berita provokatif????
      Afalaa ta’kilun?

  9. alhamdulillah sy nanda 18taun jokam :)
    sy tinggal di kampung yg wargany bukan ldii, sy tetp berbaur dg mereka dan aktif di kgiatan rmaja kampung, sy msuk ldii kr2 kelas 2sd, dlu sy smpt mengaji TPQ wktu kcil..
    Dsinilah jelas sy lihat perbdaanny, antra rmaja ldii dn rmja msjid di kampung.

    Pd rmja msjid kampung : pgang2n laki2 permpuan hal yg wajar (pdhl kn gk mahrom), tdk menjaga kesucian pdhl pakaian yg mrk pakai jg dpake untk sholat, tdk mentup aurot (berjilbabpun tdk), sarjana stlh lulus mgji(stlh dnytakn lulus gk pd ngaji lg, pdhl msih bocah), yg dbhas cm mslh dunia (pcar2n)

    rmja ldii : sangat menjaga mahrom, sangat menjaga kesucian (jika mayoritas orang dluar ldii awam tentang najis seperti rmja kmpung sy, mk wjar kami brush mensucikanny kmbli tnpa brmksud menyinggung perasaan kalian, krn ngaji di kmpung sy pun gk pernh tuh diajarkn mgenai pntingny ksucian), sy dn tman2 sy slalu mentup aurot memakai pkaian longgar dan jilbab menutup dada (bgaimana kalian?), kami mengaji seumur hdup bkn musim2an, kalo aku lg ngumpul sm tmen2 mau ngobrolin apapun pasti akhirny saling nasihatin :D

    ohya alhmdulillah dr sd sampe kuliah ak puny bnyk tmen, bhkn bnyk tmen2 cwo aku pd nembk aku, katanya jarang ad cwek kyk aku, jilbab.an gk cm disekolah gtu mksudny. Nahloh.haha
    aku jg sholat di masjid sekolah kok kalo pulang sore, gk ad msalah tuh. Tmen2ku jg sering main krumahku, gk aku pel kok tenang aja :D

    bpak aku blum ldii, tp gk pernh nentang aku, krn bpk jg ngrasain perbdaan antara aku(ank gadisny yg pnurut) dan ank gadis tetangga yg hmil dluan, wk.
    Bpk blum ikt ngaji krn blm siap dgn kgiatan ngaji rutin di ldii hehe, kalo ibu sm adek2 alhmdllh udah..
    Hidayah itu gbs dipaksain, terserah Allah mau ngasih ke siapa. tgs kt cm brdoa minta dilancrkan urusan dunia ahirat…
    Di Qur’an jg ud dterangin kalo islam akn terpech, dn hny ad 1golongan yg masuk surga, yaitu mereka yg menetapi Qur’an dan Hadist secara berjama’ah…
    Mari lbh mendalami Qur’an dan Hadist…

    Wish Allah bless us with aman selamat lancar barokah .aamiin :D

    1. Alhamdulillah JZKKH atas komen di blog saya ini,.. semoga bisa membawa manfaat buat kita semua
      Amiien

  10. Hahaha..ha isu “ngepel lantai bekas non LDII” memang Dahsyat :) , sy pernah ada project di palembang dan harus ngekost 2 minggu, ketika mau jum’atan untuk menuju mesjid umum berjarak 1 km, padahal di belakang kost an ada mesjid, sy tanya kenapa tidak jum’at dibelakang saja?, dijawab “Woh jangan, nanti bekas kita sholat akan di pel dan sejadahnya akan di cuci” Haha ha ha, sy sih ga jum’atan di mejid LDII bukan karena takut di pel dan dicuci, tapi bakalan bengong ketika denger khutbah (bahasa arab saya nol, kalau LDII pada ngerti/dipelajari) , menurut sy (sy bukan LDII) cerita itu bohong karena tidak terbukti terhadap sy, sy sesekali pernah sholat di mesjid LDII tidak ada masalah, malah pernah didaerah leles garut sy pernah diajak bicara dan welcome. Mungkin hal ini koreksi untuk LDII, agar lebih membaur dengan masyarakat disekitar mesjid, untuk menghilangkan kesan esklusif. Ayo buktikan amal soleh dan budi luhurnya.

    Salam

    1. Wa alaikum salaam, terima kasih atas masukanya kepada kami, sejauh ini kami sudah berbaur kok,
      adapun persoalan ngepel atau jum’atan bahasa arab, adalah lagu lama yang di goreng untuk menyudutkan LDII, padahal kalo orang tersebut atau anda (kalo emang benar anda mengalaminya) untuk menemukan jawabanya gampang-gampang aja kok, silakan cari di Al Qur’an dan Al Hadits, karena apa yang kami lakukan dan apa yang kami perbuat tidak akan pernah jauh apalagi melenceng dari syariat islam, sedikit saya kasih klu kasus lama soal ngepel lantai, sebenernya gak semua orang di LDII seperti itu tapi ada yang namanya kehati-hatian dalam menjaga kesucian,
      Dan ketika suatu tempat di saksikan tidak lagi suci, maka apabila kita mengerjakan sholat di tempat tersebut adalah tidak syah, setuju kan?
      Kami punya standar tinggi dalam menjaga kesucian sebuah tempat, coba anda perhatikan di mesjid-mesjid LDII, biasanya di sediakan sandal-sandal/bakiak untuk para jamaah cuci kaki sebelum menginjak lantai masjid,
      ATURANYA: sebelum kaki kita menginjak lantai mesjid maka dipersilakan untuk mencuci kaki menggunakan bakiak/sandal yang di sediakan.
      APABILA: di saksikan ada seseorang, apakah LDII atau bukan tidak mengikuti standar prosedur yang sudah ada, maka demi kehati-hatian dalam menjaga kesucian lantai mesjid, tugas DKM untuk mensucikanya, INGAT: berlaku untuk semua orang bukan cuma non LDII saja, semoga bisa memberi pencerahan dan tidak menjadi fitnahan, jangan sampai di pelintir lagi dengan asumsi bahwa orang LDII menganggap orang non LDII najis,. itu tidak benar!!!!
      Kami menjunjung tinggi persaudaraan, kerukunan dan kekompakan, senantiasa menjaga budi luhur kami, hidup damai dalam beribadah adalah hal terindah buat kami, jadi tidak mungkin kami melakukan tindakan-tindakan yang tercela!

  11. hidup ldii….i love ldii…sudah jangan dengarkan orang2 yg gk suka pada ldii..toh juga kelak kita masuk surga/neraka kita sendiri yang menjalani..jangan sok mengkafirkan orang ldii karena ajarannya kalian anggap menyimpang..emang kalian yakin ajaran kalian itu pasti benar dan menuntun kalian ke surga..sementara banyak sekali ormas2 islam yang mendirikan parpol dengan embel2 untuk kepentingan rakyat dengan dukungan kiyai2 sepuh..tapi ujung2 nya apa???para petingginya keciduk kpk karena ketahuan korup..tujuan ldii hanya untuk berdakwah bukan untuk mencari materi keduniaan…sudah jangan suka menghujat orang lain kayak kurang kerjaan aja..lakukanlah apa yang kalian anggap benar…i love ldii

  12. jujur saya adalah tipe orang yang kritis dan suka pilih2…semasa kuliah saya pernah ikut pengajian di NU.Muhammadiyah.HTI..untuk hal yang sepele saja misalnya mereka sebenarnya tau bahwa masalah najis itu bisa menyebabkan solat seseorang itu tidak sah dan menyebabkan siksa kubur..tapi entah mengapa orang2 itu yang diluar ldii bahkan level kyai sekalipun saya lihat sendiri kalo kencing tidak prnah lepas celana (cuma dilorot) karena mereka kencing lewat pisspot (tempat kencing berdiri) dan tidan melalui jeding..kemudian dia pergi solat dan jelas celana tadi terciprat najis dan itu yang membuat saya ill feel sama mereka sudah tau aturannya tapi pura2 gak tau cari gampang dan praktisnya..dan secara gk sengaja saya melihat anak orang ldii yang baru berumur sekitar 8 tahun dia waktu kencing lepas semua celananya kemudian saya tanyakan sama dia kenapa kamu lepas celanamu waktu kencing??jawabnya simpel ..najis..saya langsung berfikir buset anak sekecil itu sudah paham dan bisa menjaga najis!!saat itu juga tanpa pikir panjang saya langsung memutuskan untuk lebih mendalami ajaran ldii..dan alhamdulillah sampai sekarang saya masih taat pada ajaran ldii…i love ldii

  13. mw tanya mas apakah habibb itu keturunan nabi muhammad saw?? Apa dasarnya? & apakah saya harus percaya??

  14. Bagus nee article nya…… islam itu damai ga ngajarin buat rusuh, dan masalah LDII memang TIDAK SESAT karna ajarannya Al-Quran dan Alhadist…. !!! semua umat muslim. Pedomannya yaa Al-Quran dan hadist…..

  15. LDII MANTAABE

  16. Assalamualaikum mas faza dan kawan2..
    cuman mau sedikit mengingatkan untuk mohon diperhalus bahasanya
    mas faza dkk di forum ini sdng membawa nama besar ldii jd mas faza dkk memiliki tanggung jawab besar untuk tdk membuat nama ldii semakin tersudut dgn bahasa yg kurang mengenakkan bagi warga non ldii..
    memang, pembenci punya 1001 alasan untuk membenci, sebaik apapun kita
    jd sadari saja memang sdh seharusnya para pembenci akan menghujat
    kalau smpyn dkk ingin meluruskan, luruskan dgn bahasa yg baik dan bs di terima
    termasuk dgn menyertakan dalil2 shohih yg sdh kita pelajari
    agar jelas dan bukannya malah smkn menyudutkan kita sndri

    alhamdulillahi jaza kumullohu khoiro

    1. terima kasih atas saran dan nasihatnya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: